Strategi Omnichannel

Strategi Omnichannel: Pengertian, Manfaat, dan Contoh Penerapannya

Omnichannel adalah salah satu hal terpenting dalam bisnis. Dengan kemajuan teknologi, kita dapat harus terus beradaptasi.

Mungkin omnichannel adalah istilah yang jarang Anda dengar. Tapi itu sering bisa dilakukan tanpa Anda sadari. penasaran? Pelajari lebih lanjut tentang apa itu omnichannel, manfaat, dan contoh penerapannya.

Pengertian Omnichannel

Pada dasarnya, omnichannel adalah gabungan dari dua kata: omni, yang berarti keseluruhan atau terpadu, dan channel, yang berarti saluran.

Gabungan, definisi omnichannel adalah saluran penuh atau saluran universal. Omnichannel menggabungkan semua saluran komunikasi menjadi satu bentuk.

Secara sederhana, pengertian omnichannel adalah kombinasi dari beberapa saluran atau saluran yang terintegrasi menjadi satu sistem yang terintegrasi.

Hal ini memungkinkan saluran yang berbeda untuk bekerja secara bersamaan. Untuk memudahkan pelanggan dalam mencari informasi terkait produk dan/atau jasa yang mereka butuhkan.

Contoh Strategi Omnichannel

Bahkan, omnichannel sudah banyak dipraktikkan oleh para pengusaha bisnis online. Anda dapat menemukan contoh akun media sosial yang menghubungkan akun dengan berbagai toko online.

Omnichannel digunakan sebagai strategi pemasaran oleh banyak perusahaan besar maupun pengusaha bisnis online. Contoh perusahaan yang menggunakan pemasaran omnichannel antara lain Bukalapak, Tokopedia, lembaga keuangan atau bank, dan pengecer.

Perusahaan-perusahaan ini dapat menggunakan omnichannel untuk memberikan pengalaman dan kepuasan pelanggan dalam transaksi mereka. Hal ini dapat terjadi dalam pengumpulan data dan informasi yang sebelumnya dikumpulkan dari saluran lain.

Cara Kerja Omnichannel

Setelah membaca penjelasan di atas, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara kerja omnichannel. Jadi bagaimana Anda menerapkan ini pada bisnis Anda?

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Omnichannel memungkinkan Anda untuk menggabungkan satu akun utama dan mengintegrasikannya dengan berbagai toko online atau pasar yang Anda miliki.

Terakhir, ketika pelanggan mengklik foto produk yang Anda promosikan, mereka langsung dibawa ke saluran penjualan lain.

Misalnya, A melihat laptop di salah satu akun media sosialnya. Namun, tidak ada informasi yang dilampirkan pada foto produk. Kemudian, mengklik foto tersebut dan langsung terhubung ke berbagai marketplace akun tersebut.

Setelah memilih salah satu marketplace yang diinginkan, A menemukan deskripsi laptop yang sedang dilihatnya. Setelah merasa baikan, A membeli sesuatu dari salah satu pasar.

Beginilah cara kerja omnichannel. Sistem penggabungan ini memudahkan pelanggan untuk menemukan informasi dan deskripsi produk yang mereka inginkan di berbagai saluran.

Manfaat Omnichannel dalam Marketing

Seperti disebutkan sebelumnya, tujuan utama dari omnichannel adalah untuk memberikan pengalaman dan kepuasan terbaik kepada pelanggan dengan menyediakan akses mudah ke produk mereka.

Sistem omnichannel bisa dikatakan berperan penting dalam membangun bisnis online. Ada juga banyak manfaat menerapkan sistem omnichannel dalam pemasaran Anda. Sebagai contoh:

1. Mengintegrasikan Semua Channel

Keuntungan pertama dari omnichannel adalah kemampuan untuk mengintegrasikan semua saluran, baik online maupun offline. Selain itu, mudah untuk memeriksa sisa persediaan dan total penjualan, serta menganalisis penjualan.

2. Mempermudah Pembuatan Strategi

Data yang dikumpulkan dari berbagai saluran penjualan memudahkan untuk membentuk strategi bisnis. Itu karena data ini dapat memberi tahu Anda apa yang diinginkan pelanggan Anda, demografi mereka, preferensi mereka, dan bahkan kebiasaan dan perilaku mereka ketika mereka mengunjungi toko online Anda.

3. Memberikan Pengalaman Menyenangkan

Keuntungan lain dari sistem omnichannel adalah dapat memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi pelanggan. Ini karena sistem menggunakan pengalaman pelanggan untuk mengembangkan saluran penjualan.

4. Meningkatkan Traffic dan Penjualan

Kelebihan dari sistem omni-channel adalah Anda dapat merasakan peningkatan trafik dan peningkatan penjualan. Penelitian menunjukkan bahwa toko yang terintegrasi dengan omnichannel dapat meningkatkan penjualan sebesar 15-30%. Selain traffic, Anda bisa mendapatkan lebih banyak pelanggan.

Itulah penjelasan singkat tentang sistem strategi omnichannel yang dapat menggabungkan berbagai saluran penjualan menjadi satu unit pusat, aplikasinya, cara kerjanya, dan manfaat yang dapat Anda rasakan.

Dapat disimpulkan bahwa sistem omnichannel merupakan strategi pemasaran yang dapat meningkatkan penjualan dan meningkatkan produktivitas dalam operasional bisnis. Karena semuanya terintegrasi dan mudah dipantau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *