5 Platform Belajar Digital Marketing Gratis, Ada Sertifikatnya!

5 Platform Belajar Digital Marketing Gratis, Ada Sertifikatnya!

RekrutKerja.com – Berapa pun usia kamu, kamu tidak akan rugi dengan mempelajari digital marketing. Apalagi, peran ini saat ini dicari oleh banyak pengusaha. Selain menunjang karir kamu, digital marketing juga bisa digunakan untuk menciptakan personal branding.

Tapi apa sebenarnya digital marketing itu? Bagaimana konsep yang digunakan untuk memastikan bahwa sistem promosi efektif dan dilaksanakan tepat sasaran?

Kamu dapat menemukan jawabannya di artikel ini. Tim RekrutKerja akan menjelaskan digital marketing secara holistik, mulai dari definisi, konsep, dan jenis digital marketing hingga platform belajar digital marketing untuk membangun pengetahuan kamu. Sekarang, dengarkan saja!

Apa Itu Digital Marketing?

Apa Itu Digital Marketing

Digital marketing adalah sistem pemasaran yang digerakkan secara digital. Dengan kemajuan teknologi, banyak perusahaan mengejar peran digital marketing. Selain dapat menjangkau target pasar yang luas, digital marketing tidak membutuhkan biaya yang mahal.

Jika tertarik untuk mendalami peran ini tetapi baru ingin mulai belajar, hal ini jelas tidak menjadi masalah. Ada banyak alasan untuk mendalami digital marketing. Nyatanya, digital marketer yang sudah ahli pun masih belajar digital marketing. Karena media digital terus menerus mengalami perubahan dan peningkatan layanan.

Manfaat Digital Marketing

Transformasi konsep pemasaran ke ranah digital sebenarnya dipengaruhi oleh teknologi yang semakin maju. Orang yang lebih suka menghabiskan waktunya di media sosial adalah alasan lain untuk menerapkan digital marketing.

Selain itu, banyak perusahaan jarang memasarkan produknya dengan cara tradisional karena digital marketing memiliki banyak manfaat:

  • Hemat uang untuk promosi
  • Mencapai target pasar yang tepat
  • Memperluas jangkauan pasar
  • Meningkatkan kesadaran merek dan pengetahuan produk
  • Meningkatkan promosi dan penjualan produk
  • lebih dekat dengan pelanggan

Jenis Digital Marketing

Memang, sistem digital marketing itu sulit dan mudah. Sebagai orang yang paham digital, harus selalu mengikuti tren agar tidak ketinggalan.

Jadi, ada banyak jenis digital marketing dalam digital marketing. Setiap jenis digital marketing diarahkan untuk mencapai tujuan. Berikut adalah jenis-jenis digital marketing.

1. Content Marketing

Content Marketing lebih berfokus pada strategi penempatan konten untuk memastikan bahwa konten didistribusikan ke target pasar yang tepat. Biasanya, digital konten bekerja dengan SMM, SEO, dan UKM.

Misalnya, merek kosmetik menargetkan pembeli berusia antara 17 dan 30 tahun. Tentu saja, menempatkan konten di platform Facebook tidak tepat karena target pasar dari kelompok usia tersebut tidak banyak menggunakan. Content Marketing menciptakan platform target untuk mendistribusikan konten berdasarkan temuan penelitian.

2. Affiliate Marketing

Jenis digital marketing ini biasanya digunakan untuk bisnis yang menjual produk dan layanan. Sebuah perusahaan dapat membuka kesempatan untuk umum atau menjadi orang yang ditunjuk untuk menjadi afiliasi.

Afiliasi nantinya akan menerima gaji atau bonus dari produk yang dijual menggunakan kode referral.

3. Search Engine Optimization (SEO)

Jenis digital marketing ini paling banyak digunakan dalam digital marketing. Selain mampu menghasilkan traffic secara organik, biayanya juga lebih murah.

SEO biasanya diterapkan pada website. Konten yang dihasilkan biasanya berupa artikel. Artikel yang nantinya dinilai berkualitas baik muncul di halaman arahan Google atau bahkan ditampilkan di mesin pencari, sehingga mendorong banyak lalu lintas.

4. Search Engine Marketing (SEM)

Jika SEO mengandalkan teknik digital marketing organik, SEM justru sebaliknya. SEM akan lebih fokus menempatkan website sebagai iklan di search engine.

Iklan biasanya ditampilkan saat pengguna mencoba memasukkan kata kunci ke mesin pencari, dengan situs web yang diiklankan muncul di bagian atas. Sehingga klik yang dihasilkan jauh lebih cepat. Namun, lalu lintas berumur pendek karena hanya datang saat iklan dipasang.

5. Social Media Marketing (SMM)

SMM juga merupakan jenis digital marketing yang banyak digunakan. Tentunya hal ini dikarenakan hampir semua orang menggunakan media sosial bahkan menghabiskan banyak waktu untuk itu.

SMM akan menggunakan konten yang menarik, berkualitas, relevan untuk menghasilkan banyak lalu lintas dan menarik konsumen setia ke merek kamu.

6. Email Marketing

Digital marketing email dilakukan dengan menyiarkan pesan ke target pasar kamu. Data email biasanya diperoleh dari database, pengguna baru atau mantan terdaftar. Ketika sebuah brand menjual sebuah produk, broadcast message yang dikirimkan berupa flyer penawaran modern.

Jenjang Karir Digital Marketing

Jika tertarik dengan peran digital marketing, kamu telah membuat pilihan karier yang tepat. Digital marketing semakin dibutuhkan di masa depan, terutama dengan perkembangan media digital.

Untuk jalur karir, bisa memulai sebagai digital marketing. Setelah itu, alur kerja dipecah agar beberapa orang melakukan jenis digital marketing yang berbeda, meski posisi yang sama bisa memimpin tim nantinya.

5 Platform Belajar Digital Marketing Gratis dan Bersertifikat

Tentunya kemajuan media digital akan selalu menghasilkan banyak fitur baru yang perlu diteliti. Ini adalah sesuatu yang harus selalu pelajari tentang peran digital marketing untuk mengikuti tren.

Nah, bagi yang baru mengenal dunia digital marketing dan ingin belajar, kamu bisa mencoba platform belajar digital marketing berikut ini. Bahkan jika belajar digital marketing dari platform gratis dan andal, akan menerima sertifikat yang dapat sertakan sebagai validasi dalam portofolio kamu.

1. Facebook Blueprint

Facebook Blueprint

Facebook yang memiliki perusahaan bernama Metaverse memang menjadi media yang banyak mengakuisisi media sosial. Dari Whatsapp ke Instagram. Meskipun pengguna asli Facebook hanyalah mereka yang masih berada pada kalangan umum orang dewasa, namun Facebook tetap menjadi media periklanan yang tepat.

Facebook Blueprint memanfaatkan ini. Meluncurkan kursus belajar gratis tentang periklanan dan perencanaan Facebook, dengan lebih dari 6 juta pengguna terdaftar. Setelah menyelesaikan kedua kursus kompetensi, kamu secara otomatis akan menerima sertifikat penghargaan.

2. Google Digital Garage

Google Digital Garage

Google Digital Garage menyediakan sumber daya tentang digital marketing, khususnya mempromosikan bisnis kamu melalui iklan media online. Namun, mengikuti kursus ini juga akan memberi kamu kemampuan baru untuk meningkatkan jaringan media online dengan keamanan berjualan online.

3. Digitademy

Digitademy

Digitademy adalah platform belajar digital marketing belajar Indonesia yang menyediakan materi SEO, email marketing, dan SMM untuk UKM. Kamu dapat mengikuti tes nanti setelah mempelajari semua materi. Jika mendapatkan nilai minimal B, kamu akan menerima sertifikat.

4. Hubspot Academy

Hubspot Academy

HubSpot Academy juga akan menawarkan modul untuk mempelajari tentang digital marketing secara umum. Setelah menyelesaikan tes selama sekitar satu jam, kamu dapat menerima sertifikat.

5. Google Analytics Academy

Google Analytics Academy

Sebagai mesin pencari terkemuka di dunia, Google merupakan kontributor utama dunia digital marketing. Salah satu fitur Google yang bermanfaat dalam digital marketing adalah Google Analytics.

Memanfaatkan ini, Google Analytics juga menyediakan fasilitas belajar digital marketing. Tingkat belajar berkisar dari pemula hingga ahli.

Berikut 5 platform belajar digital marketing yang bisa dicoba untuk meningkatkan skill digital marketing kamu! Namun, digital marketing lebih efektif dan pengetahuan lebih cepat diserap begitu mulai mempraktikkannya. Kamu bisa memulainya dengan serius merawat media sosial pribadi dengan mengunggah konten berkualitas secara rutin.