Pentingnya Briefing, Tujuan dan Cara Membuatnya

Pentingnya Briefing, Manfaat, Tujuan dan Cara Membuatnya

Budaya perusahaan yang baik menentukan kebiasaan semua anggota. briefing merupakan salah satu budaya perusahaan yang harus diperhatikan.

Selain sebagai bentuk komunikasi, salah satu tujuan briefing adalah mengarahkan karyawan untuk melakukan pekerjaannya. Selain itu, produktivitas usaha ditingkatkan dengan melakukan pembekalan.

Pelajari lebih lanjut dalam diskusi rekrutmen di bawah ini tentang manfaat briefing, kapan waktu terbaik untuk briefing, dan bagaimana menulis dokumen.

Apa Itu Briefing?

Kebanyakan orang mengartikan briefing sebagai pertemuan kecil yang diadakan untuk memberikan arahan atau bimbingan kepada satu atau lebih karyawan.

Menurut SmallBusiness, briefing adalah untuk memberikan informasi atau panduan kepada karyawan mengenai kebijakan, tujuan, strategi atau tugas baru saat mengadakan rapat.

Biasanya, orang yang memberikan briefing adalah pemimpin atau manajer perusahaan. Biasanya ini dilakukan dengan menggunakan dokumen atau catatan yang disebut business brief.

Isinya adalah informasi tentang isi yang akan dibahas pada saat sesi briefing bisnis nanti. Jadi kapan briefingnya? Padahal, sejauh ini tidak ada aturan khusus kapan sebaiknya briefing.

Namun, kebanyakan perusahaan biasanya melakukan briefing di pagi hari sebelum memulai hari kerja. Namun ada juga yang melakukan briefing pada siang, sore, atau malam hari, atau menyesuaikan dengan jam kerja yang ada. Bagaimana perusahaan Anda? Kapan briefingnya?

Manfaat Briefing

Banyak orang tidak menyadari manfaat briefing untuk kelancaran bersama. Secara khusus, meningkatkan produktivitas dan kinerja karyawan perusahaan.

Berikut adalah manfaat dari briefing perusahaan dan tim Anda:

1. Menyatukan Tujuan

Hal pertama yang Anda dapatkan dari briefing adalah menyatukan tujuan Anda. Dengan kata lain, semua karyawan perusahaan memiliki tujuan dan persepsi yang sama satu sama lain.

Briefing dapat dilakukan secara terbuka dan transparan agar semua anggota perusahaan mengetahuinya. Metode ini juga memungkinkan adanya keputusan yang disepakati bersama melalui diskusi terbuka.

2. Tingkatkan Komunikasi

Manfaat briefing selanjutnya adalah meningkatkan komunikasi antar rekan kerja. Seperti rapat besar, briefing memungkinkan karyawan dari departemen yang berbeda untuk bertemu. Anda dapat bertukar pendapat, memberikan saran, dan membuat kolaborasi.

3. Menciptakan Budaya Berpikir Positif

Salah satu manfaat briefing adalah menciptakan budaya berpikir positif. Artinya briefing dapat mengoreksi kesalahpahaman atau ambiguitas yang muncul. Untuk mengembalikan keseragaman persepsi dan menghilangkan keraguan yang ada.

4. Hasilkan ide-ide kreatif

Setelah briefing, para anggota yang berkumpul akan saling bertukar pikiran. Hal ini dapat memunculkan ide-ide kreatif. Kami akan membahas dan mempertimbangkan ide bersama nanti.

5. Mengetahui Masalah yang Ada

Manfaat lain dari briefing adalah Anda dapat menemukan masalah. Ini berarti bahwa karyawan cenderung mengajukan keluhan atau kekhawatiran saat briefing. Setelah mengetahuinya, jangan lupa untuk segera menindaklanjutinya.

Cara Membuat briefing yang Efektif

Briefing yang baik akan memastikan bahwa semua anggota kelompok pengarah memahami apa yang Anda jelaskan.

Apakah Anda ingin memberi briefing kepada tim Anda? Ikuti langkah ini:

1. Buat Kalimat Pembuka

Cara pertama untuk melakukan briefing adalah dengan membuat pendahuluan. Isinya biasanya berupa ringkasan dan deskripsi singkat tentang apa yang harus dilakukan selama briefing.

2. Tuliskan Tujuan Briefing.

Tujuannya adalah untuk menjadi sangat diperlukan dalam briefing setelah pengenalan. Itu bisa dibuat menjadi peluru pendek untuk keperluan briefing yang akan dilakukan.

️3. Sertakan Informasi Singkat

Selain tujuan Anda, Anda juga harus menyertakan beberapa informasi singkat. Bisa berupa konten yang akan dibahas pada saat briefing, status perusahaan saat ini, dan hal-hal lain yang akan dibahas. Dengan begitu, anggota yang menghadiri briefing akan tahu apa yang harus didiskusikan dan dipersiapkan.

️4. Cantumkan Waktu, Tanggal dan Tempat

Cara terakhir untuk melakukan briefing adalah dengan memberikan informasi tentang waktu, tanggal, dan lokasi briefing. agar member yang mengikuti bisa datang sesuai arahan dan arahan yang diberikan.

Nah itulah yang bisa kami jelaskan pengertian briefing, manfaatnya, cara membuatnya, briefing merupakan salah satu cara untuk menciptakan budaya perusahaan yang disiplin dan meningkatkan produktivitas karyawan. Meski sering diremehkan, latihan terus menerus dari teknik ini juga terbukti meningkatkan loyalitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *