Bisnis  

Paylater Adalah Fitur Bayar Nanti, Inilah Untung Ruginya

Paylater Adalah Fitur Bayar Nanti

Dengan kemajuan teknologi, sistem pembayaran juga berinovasi. Selain menggunakan QRIS, Paylater juga merupakan sistem pembayaran lain yang sedang naik daun.

Adanya sistem Paylater untuk memudahkan pelanggan membeli barang yang diinginkan dan membayarnya nanti atau biasanya di akhir bulan.

Pelajari lebih lanjut tentang Paylater, cara mendaftar, cara membayar, dan kelebihan dan kekurangan sistem pembayaran Paylater pada pembahasan Rekrutkerja berikut.

Apa itu Paylater?

Saat ini sudah banyak bisnis yang menggunakan sistem pembayaran pascabayar. Mulai dari e-commerce, transportasi, e-wallet, layanan dan hiburan hingga berbagai fintech yang menawarkan kemudahan pembayaran tersebut.

Tapi apa itu paylater? Arti paylater jika diterjemahkan ke dalam bahasa berarti membayar kemudian atau membayar kemudian menurut jangka waktu yang disepakati antara peminjam dan pemberi pinjaman.

Pembayar juga bisa diartikan sebagai pinjaman online tanpa menggunakan kartu kredit. Sistem pembayaran ini memungkinkan pelanggan untuk dengan mudah membeli produk yang diinginkan dan membayar di kemudian hari.

Metode pembayaran yang ditangguhkan adalah metode pembayaran angsuran. Nasabah dapat melunasi hutang atau pinjaman secara mencicil tergantung kemampuan finansialnya.

Namun, pelanggan tidak dapat langsung menggunakan pembayar untuk melanjutkan belanja. Sistem pembayaran ini menetapkan kredit atau limit dari Rp 1 juta hingga Rp 50 juta.

Namun, kemudahan dan kenyamanan yang ditawarkannya membuat banyak orang puas dengan pascabayar, menyisakan lebih banyak pemborosan dan utang.

️Cara Daftar Paylater

Ada banyak perusahaan yang menyediakan fitur ini secara default. Dan mereka menggunakan nama perusahaan masing-masing. Contohnya termasuk Shoppe Paylater, GojekPaylater, Traveloka Paylater, dan lainnya.

Metode pendaftaran pembayar juga disesuaikan untuk masing-masing perusahaan. Tetapi secara umum, metodenya sama.

  • Pertama, Anda perlu memutuskan perusahaan mana yang akan menggunakan layanan Paylater. Kemudian unduh aplikasi dari App Store atau Play Store.
  • Setelah pengunduhan selesai, Anda dapat langsung membuat akun dan mendaftarkan diri.
  • Kemudian pilih menu pembayar di aplikasi.
    Secara umum, beberapa syarat dan ketentuan berlaku. Silakan baca dan setujui.
  • Kemudian pilih menu “Daftar”.
  • Anda akan diminta untuk memasukkan data pribadi Anda nanti. Nama, alamat, dan nomor registrasi penduduk Anda diperlukan.
  • Anda juga perlu memegang KTP dan berfoto selfie. Tujuannya adalah validasi data.
  • Cukup masukkan data pribadi Anda dan persyaratan lainnya secara lengkap dan tunggu proses pengajuan.

Secara umum, proses aplikasi Paylater bisa memakan waktu 1×24 jam atau lebih. Itu tergantung pada seberapa cepat atau berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memeriksa data. Setelah aplikasi Anda disetujui, Anda dapat langsung menggunakan Paylator dengan memilih batas kredit.

️Cara Membayar Paylater

Bagaimana cara membayar pembayar setelah saya mendaftar dan berbelanja menggunakan jalur kredit saya? Seperti halnya pendaftaran, layanan yang berbeda menawarkan fitur ini dengan cara yang berbeda.

Secara umum, cara pembayaran kepada pembayar adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Paylater yang Anda gunakan.
  • Kemudian pilih menu “paylater”.
  • Kemudian pilih menu “Bayar Sekarang”.
  • Pilih “Bill of the Month” dan sistem akan memberi Anda faktur untuk tagihan pembayar.
  • Kemudian pilih “Bayar Sekarang” dan pilih metode pembayaran yang Anda inginkan.
  • Klik OK dan bayar sesuai petunjuk yang diberikan.
  • Anda akan menerima pemberitahuan ketika pembayaran Anda berhasil dan dikonfirmasi.

Untuk pembayaran pascabayar, jangan menunggu lebih lama dari tanggal jatuh tempo! Sebagian besar penyedia layanan pembayar biasanya membebankan persentase bunga atas pembayaran yang melebihi batas waktu tertentu.

Keuntungan dari Paylater

Di balik kemudahan dan kemudahan yang diberikannya, ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan Paylater. Berikut adalah beberapa manfaat dari pembayar yang harus Anda ketahui.

‍1. Promosi Menarik

Beberapa aplikasi menawarkan promosi khusus dan menarik untuk pembayaran menggunakan Paylater. Misalnya free ongkir, cashback, hadiah beli 1 gratis 1, dll.

2. Berbagai Pilihan Limit Cicilan

Salah satu hal hebat tentang Paylater adalah ia menawarkan berbagai opsi cicilan. Artinya, Anda dapat menyesuaikan kemampuan finansial Anda untuk melunasi amortisasi pinjaman. Biasanya, jangka waktu pembayaran berkisar dari 1 bulan hingga 1 tahun.

3. Proses Pengajuan yang Mudah dan Cepat

Keunggulan pertama Paylater adalah proses pengajuannya mudah dan cepat. Sistem pembayaran online yang sedang berkembang ini menawarkan proses pengajuan pinjaman tanpa repot.

Persyaratan pendaftaran hanya memerlukan bukti foto identitas dan identitas peminjam. sehingga pelanggan dapat menggunakannya dengan cepat.

️Kekurangan Paylater

Meski terlihat menggiurkan, sebenarnya ada beberapa kelemahan sistem pembayaran pascabayar, antara lain:

1. Tambah Hutang

Salah satu kelemahan pembayar adalah mereka dapat meningkatkan hutang Anda. Kelihatannya mudah, namun jika tidak dikelola dengan baik, sistem pembayaran ini bisa membuat Anda mengeluarkan uang lebih dari biasanya. Hal ini dapat menyebabkan bertambahnya hutang yang harus dilunasi.

️2. Lebih Boros

Dengan berbagai penawaran promosi yang menggiurkan dan menarik, Anda bisa tampil lebih boros dari biasanya. Hal ini juga bisa terjadi karena Anda tergoda untuk memilih cicilan hingga satu tahun atau lebih. Jika terus berlanjut, kondisi keuangan Anda bisa memburuk.

️3. Bunga dan Denda

Seperti yang disebutkan sebelumnya, jika Anda membayar lebih dari batas waktu saat menggunakan pembayar, Anda akan dikenakan bunga dan denda. Tentu saja, ini akan mengharuskan Anda mengeluarkan lebih banyak uang untuk membayar kembali pinjaman.

️4. Risiko Keamanan

Kerugian lain dari Paylater adalah risiko keamanan. Data pribadi yang diunggah berisiko dicuri oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Jika peretasan berhasil, ada kemungkinan informasi pribadi akan digunakan untuk tujuan yang merusak.

️Itulah penjelasan dari Paylater, cara mendaftar, dan keuntungan dan kekurangan. Pertimbangkan pro dan kontra dari sistem pembayaran ini terlebih dahulu, apakah Anda menggunakan pembayar atau tidak!

Juga, jangan lupa untuk membatasi diri untuk membeli barang-barang yang tidak Anda butuhkan. Terutama karena bekerja dengan pembayar seperti meningkatkan hutang Anda.