9 Kursus Digital Marketing Bersertifikat Terbaik untuk Pemula

RekrutKerja.com – Melihat dunia digital yang semakin berkembang, Digital Marketing juga akan semakin membutuhkan peran dalam beberapa dekade mendatang. Tak jarang, banyak orang yang bisa mengarungi peran ini dengan baik dengan mengikuti kursus digital marketing.

Jika baru mengenal bidang Digital Marketing, belajar melalui kursus adalah jawabannya. Hal ini karena biasanya kursus digital marketing menyediakan rangkaian materi pembelajaran mulai dari dasar hingga aplikasi praktis dari digital marketing.

Nah disini tim RecruitKerja memberikan beberapa rekomendasi untuk perjalanan digital marketing. Kamu dapat mempelajarinya dan memilih sesuai dengan kebutuhan saat ini.

Sekarang, dengarkan saja dan baca kelanjutannya dibawah ini:

Pengembangan kursus Digital Marketing Indonesia

Digital marketing, kegiatan pemasaran melalui semua platform digital, sangat digandrungi oleh banyak perusahaan.

Tetapi Digital Marketing tidak mudah dipelajari sendiri, apalagi dalam waktu singkat. Peran ini dilengkapi dengan tanggung jawab yang kompleks. Memang, di perusahaan besar, Digital Marketing menjadi departemen multi-tim.

Namun, banyak perusahaan membutuhkan peran Digital Marketing penuh, jadi harus bisa menguasai semua tanggung jawab. Itu sebabnya mengambil kursus Digital Marketing akan menjadi jawaban untuk pemahaman yang lebih dalam dan aplikasi yang lebih baik.

Ada banyak kursus Digital Marketing offline di Indonesia. Biasanya mata kuliah ini ada beberapa kali pertemuan karena banyak yang harus dipelajari. Fasilitas juga bervariasi, dengan biaya yang bervariasi. Namun, tidak jarang komunitas Digital Marketing menawarkan kursus gratis.

Jika kursus online bukan minat, kamu juga dapat mengikuti kursus online yang ditawarkan secara gratis oleh banyak institusi di seluruh dunia.

4 Kursus Digital Marketing Gratis Bersertifikat Online

Kalaupun kamu mengambil kursus untuk tujuan pengembangan karir, mengeluarkan uang tentu sedikit memberatkan, bukan? Apalagi jika kondisi keuangan kamu tidak stabil.

Tapi jangan khawatir. Kamu masih bisa mendapatkan kursus Digital Marketing dengan sumber daya yang bagus, semuanya gratis dan bahkan mendapatkan sertifikat untuk entri portofolio.

Berikut adalah beberapa kursus Digital Marketing online gratis dan bersertifikat yang dapat diikuti.

1. Google Skillshop

Google Skillshop sebelumnya bernama Academy for Ads. Skillshop adalah tempat untuk belajar tentang pemasaran dengan produk Google. Berbagai materi yang lengkap membuat kursus ini dapat diakses oleh pemula dan berpengalaman.

Dari YouTube, Google Analytics, dan Google Ads hingga Authorized Buyers, ini hanyalah beberapa produk Google tempat kamu dapat mendalami kiat dan trik. Kursus ini tersedia melalui Skillsshop.exceedlms.com.

2. Social Media Marketing Course dari Hubspot Academy

Pemasaran media sosial adalah salah satu yang paling penting dalam peran Digital Marketing. Karena platform media sosial adalah tempat dapat menjangkau target pasar secara langsung atau dalam skala besar.

Hubspot Academy menawarkan kursus ini secara gratis dan memberikan sertifikat kelulusan. Kamu dapat mengaksesnya melalui academy.hubspot.com.

Kamu akan mempelajari beberapa hal nantinya, seperti bagaimana membangun strategi untuk meningkatkan engagement yang efektif dalam digital marketing, khususnya dengan media sosial. Terdapat 8 pelajaran dengan 38 materi video dan 29 kuis latihan.

3. Google Digital Garage

Google Digital Garage di situs web learndigital.withgoogle.com memiliki kursus dasar-dasar Digital Marketing. Kursus ini sangat cocok untuk pemula yang ingin memperdalam pengetahuan mereka tentang pemasaran digital tanpa membayar biaya. Kamu juga dapat menerima sertifikat yang dapat digunakan saat melamar pekerjaan.

Dalam kursus ini, kamu akan mendapatkan materi tentang digital marketing untuk pemula yang diedit langsung di Google Trainer. Nantinya akan menerima 26 modul dengan video komprehensif tentang Digital Marketing dengan kuis.

Beberapa materi yang akan terima adalah tentang pemasaran konten, strategi bisnis, cara membangun wawasan dan analitik, serta kiat dan trik pemasaran email.

4. LinkedIn Learning

Sebagai platform yang mencakup dunia kerja, LinkedIn memiliki banyak fasilitas, salah satunya adalah “Menjadi Digital Marketing Professional”. Kursus ini terdiri dari 11 materi yang berlangsung total 20 jam.

Kursus Digital Marketing online LinkedIn mencakup media sosial, Google Analytics, pemasaran email, dan lainnya. Nantinya, di akhir sesi pembelajaran, kamu akan menerima sertifikat yang dapat didownload bagikan dengan akun LinkedIn kamu.

5 Kursus Digital Marketing Offline dan Bersertifikat di Indonesia

Ada banyak kursus Digital Marketing yang dilakukan secara online, tetapi terkadang kursus tatap muka lebih menyenangkan. Jika Anda sedang mencari kursus offline, RekrutKerja punya beberapa rekomendasi.

1. Course-Net Jakarta

Course-Net diterima dengan baik oleh mahasiswa, terutama karena para praktisi yang mengajar sangat berpengalaman.

Alamat: Alamat kursus ini adalah Ruko, Business Park E 1 No 9 Kb. Jeruk, Jl. Meruya Ilir Raya No.9, RT.1/RW.5, Meruya Utara, Kembangan, Jakarta Barat

Nomor telepon: 08111811110

2. BABA Studio

Studio BABA berlokasi di Grand ITC Permata Hijau. Kursus ini memberikan materi tentang website, SEO dan internet marketing.

Alamat: ITC Permata Hijau No 14 Jl Letjen Soepono, RT.11/RW.10, Grogol Utara, Kebayoran Lama.

Nomor telepon: (021) 53664008.

3. Creative Media

Arek Jawa Timur Kumpul! Warga Surabaya dan sekitarnya bisa belajar digital marketing offline di Creative Media dengan alamat dan nomor telepon.

Alamat : Tubanan Karangpoh, Jalan Raya Tubanan Baru No.10, Tanjungsari, Sukomanunggal, Surabaya

Nomor telepon: 082131314040

4. Akademi JLD

JLD Academy menawarkan kursus Digital Marketing untuk pemula dan pakar. Kursus ini terletak di Yogyakarta.

Alamat : Pencitrejo RT 01, Terong I, Terong, Kecamatan Dlingo, Bantul

Nomor telepon: 08170751292

5. Agensi Jasa Digital Marketing & Training Pelatihan Optimasi Bisnis Online

Kursus Digital Marketing berikut dijamin berhasil juga berlokasi di wilayah Jawa Tengah. Berikut alamat lengkap dan nomor telepon yang bisa dihubungi jika ingin belajar offline.

Alamat: Norowangsan RT04 RW13, Pajang, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah

Nomor telepon: 08988971656

Manfaat Kursus Digital Marketing untuk Pemula

Manfaat Kursus Digital Marketing untuk Pemula

Bagaimana? Setelah mempelajari beberapa kursus Digital Marketing di atas, apakah ingin mengambil lebih banyak kursus untuk meningkatkan keterampilan kamu dalam peran ini?

Maka tidak akan merasa ketinggalan. Sebaliknya, mendapatkan beberapa manfaat:

  • Waktu kursus fleksibel untuk berbagai kesempatan.
  • Materi kursus pasti disesuaikan dengan kondisi sehingga bisa mendapatkan update trending.
  • Kamu bisa belajar dan berlatih dengan membedah kampanye berbagai brand besar bersama pakarnya.
  • Dapatkan sertifikat yang membuktikan bahwa Anda telah meningkatkan keterampilan Digital Marketing, sehingga Anda dapat menampilkannya di resume saat melamar pekerjaan.
  • Materi yang beragam untuk memastikan proses pembelajaran tidak monoton dan disertai dengan latihan untuk pengembangan keterampilan lebih lanjut.

Nah, itulah rekomendasi kami untuk kursus digital marketing yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Dengan mengikuti kursus tersebut, tentunya akan meningkatkan kemampuan digital marketing sehingga kamu dapat menerapkan strategi pemasaran yang tepat untuk perusahaan tempat bekerja.

Selain mengikuti kursus, juga bisa bergabung dengan komunitas digital marketing untuk berbagi ilmu dengan sesama digital marketer.