Job Desk Digital Marketing, Jenis Tugas, Prospek Karir, dan Kisaran Gajinya 2023

Job Desk Digital Marketing, Jenis Tugas, Prospek Karir, dan Kisaran Gajinya 2023

RekrutKerja.com – Dengan kemajuan teknologi yang semakin canggih, sistem pemasaran tidak dibatasi oleh ruang dan waktu. Dalam beberapa tahun terakhir, banyak pebisnis telah mengambil digital marketing. Namun apakah job desk digital marketing marketing hanya berpromosi di ranah digital?

Digital Marketing Untuk mengetahui job desk digital marketing office, harus terlebih dahulu memahami apa itu digital marketing. Setelah memahami artinya, kamu akan tahu apa konsep digital marketing secara keseluruhan.

Kali ini, selain membahas pengertian digital marketing dan job deskripsi, tim RekrutKerja kami juga akan membahas jenis, prospek karir, dan kisaran gaji digital marketing di Indonesia. Jika tertarik dengan digital marketing, silakan baca artikel ini sampai selesai!‍

Apa Kata Para Ahli Tentang Digital Marketing

Apa Kata Para Ahli Tentang digital marketing

Sebenarnya, apa sebenarnya arti digital marketing? Apakah cukup relevan untuk mengartikannya hanya sebagai digital marketing? Detail membutuhkan perspektif ahli. Inilah definisi ahli kami tentang pemasaran digital:

1. Heidrick & Struggles

Heidrick dan Struggler mendefinisikan digital marketing sebagai evolusi dunia digital dan internet. Keduanya menyarankan agar semua pemasar di Asia dapat mengalihkan dolar pemasaran tradisional mereka ke digital marketing. Karena digital marketing lebih efektif.

2. Ridwan Sanjaya & Joshua Tarigan

Kedua tokoh ini menyimpulkan bahwa digital marketing adalah kegiatan memasarkan produk atau jasa berbasis web. Bisnis juga bisa melakukan self-branding melalui digital marketing.

3. Kleindl & Burrow

Kleindl dan Burrow mendefinisikan digital marketing sebagai proses perencanaan dan penerapan konsep mulai dari harga hingga distribusi. Konsumen dan bisnis perlu berbagi kepuasan dari hubungan yang dibangun melalui pemasaran tersebut.

4. Chaffey dan Chadwick

Digital marketing adalah aplikasi internet dan melibatkan teknologi digital. Biasanya dikaitkan dengan komunikasi tradisional untuk mencapai target pasar.

5. Coviello, Milley, dan Marcolin

Ketiga ahli ini mendefinisikan digital marketing sebagai khalayak media Internet yang sangat interaktif. Tujuan dari pengguna ini adalah untuk menghubungkan konsumen dan perusahaan untuk menerima umpan balik yang saling menguntungkan.

6. Chaffey

Chaffey memahami digital marketing sebagai penerapan teknologi yang nantinya akan menghubungkan pasar melalui media online.

Kelebihan dan Kekurangan Digital Marketing

Kelebihan dan Kekurangan Digital Marketing

Setiap pekerjaan jelas memiliki pro dan kontra. Hal yang sama berlaku untuk lokasi bos. Jika tertarik untuk berkarir di bidang digital marketing, kamu harus terlebih dahulu mengetahui apa kelebihan dan kekurangan digital marketing:

1. Kelebihan Digital Marketing

Mengubah sistem pemasaran produk atau jasa melalui media digital memiliki banyak manfaat. Jika media tradisional seperti televisi atau media cetak seperti surat kabar dan majalah memiliki panjang dan ruang yang terbatas, media digital tidak.

Singkatnya, keuntungan dari digital marketing adalah:

  • Hemat biaya
  • Bisa memaksimalkan mesin pencari sehingga lebih efektif
  • Fleksibel untuk mengubah pengaturan pemasaran
  • Berkomunikasi dengan audiens dengan mudah
  • Tidak terbatas waktu dan ruang
  • Ilmunya mudah dipelajari karena banyak source belajarnya, tidak harus di kampus
  • Dapat diukur bagus tidak performanya
  • Bisa mengatur audiens sesuai dengan target market potensial
  • Mudah mengumpulkan data audiens

2. Kekurangan Digital Marketing

Meski memiliki banyak kelebihan, digital marketing tetap memiliki kekurangan. Jika tim pemasaran kamu tidak merespon dengan baik, maka akan menghambat distribusi produk atau jasa kamu. Berikut adalah beberapa kelemahan digital marketing.

  • Persaingan sangat tinggi karena media mudah digunakan.
  • Ide dan konsep mudah ditiru oleh orang lain.
  • Privasi audiens dapat dicuri oleh pesaing.
  • Pengetahuan tentang teknologi (terkadang matematika) diperlukan.
  • Tren sangat dinamis dan dapat berubah hampir setiap hari.

Jenis digital Marketing

Jenis digital Marketing

Ada berbagai hal yang dilakukan digital marketing untuk memaksimalkan pemasaran suatu produk atau jasa, biasanya melalui media online. Ada 8 jenis digital marketing yang dapat membantu memaksimalkan strategi pemasaran.

1. Search Engine Optimization (SEO)

Jenis digital marketing favorit kamu yang pertama adalah Search Engine Optimization, atau biasa disingkat menjadi SEO. Strategi SEO diterapkan dengan menghasilkan konten tertulis, kemudian menerbitkannya di situs web dan mengindeksnya di halaman Google.

Banyak orang menyukai strategi digital marketing ini karena return on investment (ROI) sangat besar dan berjangka panjang. Namun, untuk menerapkan SEO, kamu perlu berinvestasi dengan berani sejak awal.

2. Social Media Marketing (SMM)

Social media marketing atau SMM bisa menjadi solusi paling ampuh untuk menciptakan branding perusahaan. Terlebih lagi, hampir setiap orang memiliki akun media sosial, memungkinkan target pasar potensial untuk mengukur.

Konsep pemasaran media sosial sebagai salah satu meja kerja digital marketing. Pembayaran dapat dilakukan melalui iklan di salah satu sistem SMM, platform media sosial organik atau bekas.

3. Email Marketing

Pemasaran email bisa menjadi strategi digital marketing yang sangat efektif, tetapi sebaliknya. Perlu diketahui jika target audiens kamu adalah orang-orang yang aktif mengakses email kamu.

Jenis digital marketing ini dapat dikirim secara berkala melalui langganan. Namun, penerima email dapat berhenti berlangganan jika merasa terganggu. Oleh karena itu, konten pemasaran email harus menarik bagi audiens kamu.

4. Search Engine Marketing (SEM)

Kamu menggunakan platform yang sama dengan SEO, yaitu mesin pencari seperti Google, Yahoo atau Bing, tetapi SEM mengharuskan membayar biaya.

SEM menempatkan iklan di mesin pencari untuk memastikan bahwa situs web kamu muncul di halaman yang awalnya diakses pasar target kamu. Strategi pemasaran mesin pencari sering disebut sebagai bayar per klik atau PPC.

5. Content Marketing

Content marketing atau pemasaran konten merupakan salah satu pekerjaan digital marketing office digital marketing saat ini. Pemasar konten harus selalu melakukan riset untuk memastikan bahwa konten didistribusikan ke media yang sesuai untuk hasil yang maksimal.

Content marketing bisa mencakup beberapa jenis digital marketing sekaligus, seperti SEO, SMM, dan social media marketing.

6. Affiliate Marketing

Afiliasi pemasaran memainkan peran utama dalam digital marketing akhir-akhir ini, terutama untuk perusahaan e-commerce.

Penjual, juga biasa disebut sebagai penjual atau afiliasi, menerima keuntungan dalam bentuk persentase dari produk yang berhasil dia “jual”. Penjualan tersebut tidak langsung, tetapi secara tidak langsung diklik atau dibeli oleh target pasar.

Job Deskripsi Digital Marketing

Job Deskripsi Digital Marketing

Setelah mengetahui jenis-jenis digital marketing, kamu tentu memiliki gambaran yang cukup jelas tentang deskripsi pekerjaan. Ya? Untuk lebih jelasnya, kamu bisa menyimak jobdesk digital marketing selengkapnya berikut ini, ya!

  • Bertanggung jawab atas semua hal yang berkaitan dengan pemasaran produk atau jasa dan digital company branding.
  • Mengembangkan rencana untuk mempromosikan produk melalui platform digital, termasuk media sosial, mesin pencari, dan aplikasi pesan singkat.
  • Buat konsep kampanye pemasaran yang komprehensif.
  • Mengkonseptualisasikan dan merancang distribusi kampanye pemasaran konten di seluruh platform digital.
  • Optimalkan mesin telusur untuk meningkatkan peringkat halaman situs web atau produk/layanan perusahaan.‍

Cara Memulai Karir Digital Marketing untuk Pemula

Pekerjaan digital marketing terlihat cukup solid dan membutuhkan keterampilan multitasking, tetapi kenyataannya tidak terlalu rumit. Kuncinya adalah memecah tugas, baik itu tujuan mingguan atau bulanan kamu, sehingga dapat melakukannya secara bertahap.

Nah, bagi para pemula di dunia digital marketing, kamu bisa mengikuti tips berikut ini saat berusaha memasarkan produk kamu secara digital.

  • Tentukan kebutuhan target pasar dan pelanggan potensial kamu.
  • Melakukan riset produk pesaing
  • Pilih produk yang merupakan solusi terbaik untuk kamu.
  • Menentukan unique selling point (USP) suatu produk
  • Bangun situs web yang tampak menarik
  • Membangun media sosial sebagai media promosi
  • Penggunaan SEO, SEM, dan iklan media sosial yang efektif

Prospek Karir dan Informasi Gaji Digital Marketing

Saat ini, demam bisnis di Indonesia dan Asia Tenggara sedang mencapai puncaknya. Perusahaan dan startup, dari penulis konten hingga ahli strategi pemasaran kinerja, berbondong-bondong membuka lowongan kerja digital marketing.

Jadi, jika menyangkut prospek karir digital marketing, kamu tidak perlu khawatir karena ada banyak posisi di bidang ini yang bisa diraih pada level atau vertikal yang sama (misalnya Marketing Executive atau Chief Marketing Officer).

Di sisi lain, dari segi pendapatan, gaji digital marketing di Indonesia sangat bervariasi mulai dari UMR hingga 2x untuk level junior dan 3-5x untuk level manager. Tentu saja, nominal gaji juga bergantung pada besar kecilnya perusahaan tempat kamu bekerja.

Namun, jika bekerja sebagai pemasar digital di Indonesia tidak memuaskan, kamu juga bisa mencari lowongan kerja digital marketing di luar negeri. Jika tidak bisa mendapatkan kontrak penuh waktu, bisa memulai karir internasional dengan menjadi pekerja lepas. Biaya untuk digital marketing tumpukan penuh dapat berkisar dari $5 – $20 per jam.

Beragam informasi, mulai dari memahami digital marketing hingga mempelajari jobdesk digital marketing.

bagaimana? Tertarik menjadi pemasar digital? Karena semakin banyak bisnis membutuhkan kesadaran merek melalui platform digital, peran digital marketing menjadi sangat penting.