Bisnis  

7 Jenis Usaha Pertanian, Modal dan Cara Memulainya

11 Jenis Usaha Pertanian, Modal dan Cara Memulainya

Jenis Usaha Pertanian – Siapa bilang pertanian hanya bisa dilakukan oleh petani? Peluang usaha ini menjadi bukti bahwa sangat diminati oleh masyarakat di kota-kota besar.

Yang perlu Anda ketahui adalah bahwa usaha pertanian tidak selalu melibatkan sawah dan padi. Namun, ada beberapa jenis yang bisa dijadikan peluang usaha. penasaran?

Simak selengkapnya tentang jenis-jenis usaha pertanian di bawah ini, keuntungannya, modal yang dibutuhkan, contoh hasil dan cara memulai usaha.

Jenis Usaha Pertanian

Apa yang terlintas di benak Anda ketika mendengar kata ‘pertanian’? Mungkin hamparan sawah, sawah, dan terik matahari? Tidak dapat dipungkiri bahwa usaha pertanian sebelum populer setara dengan petani desa dan persawahan.

Namun sekarang ada yang namanya urban farming atau kegiatan pertanian di perkotaan. Oleh karena itu, pertanian tidak selalu identik dengan sawah, padi sawah, dan petani.

Berikut beberapa jenis usaha pertanian yang bisa Anda coba.

1. Petani Sawah

Jenis usaha pertanian yang pertama adalah usahatani padi. Seperti namanya, tugas utama adalah mengolah sawah dengan menanam padi di pedesaan atau daerah pegunungan.

️2. Petani Perkebunan

Seperti petani ladang, petani perkebunan menanam tanaman mereka di ladang tertutup. Perbedaannya terletak pada luas lahan yang bisa ditanami dan jenis tanaman yang ditanam lebih banyak. Anda juga bisa menanam bunga.

️3. Petani Tambak

Jenis usaha tani lainnya yang harus Anda ketahui adalah petani tambak. Berbeda dengan tiga tipe sebelumnya, pembudidaya tambak memelihara ikan atau hewan laut lainnya di area tambak.

️4. Petani Hidroponik

Bagi yang tinggal di perkotaan atau tidak memiliki banyak lahan, usaha hidroponik menjadi salah satu pilihan yang tepat. Anda bisa menanam berbagai produk perkebunan hanya dengan menyediakan sedikit lahan dan membangun sistem hidroponik.

5. Usaha tanaman hias

Trend tanaman hias saat ini digandrungi oleh beragam kalangan masyarakat dari segala usia. Di masa pandemi, berkebun menjadi kegiatan yang banyak dilakukan dan menjadi salah satu hobi yang trending. Inilah mengapa usaha tanaman hias banyak diminati sehingga menjadi usaha yang menggiurkan.

Selain itu, modal yang dikeluarkan tidak terlalu mahal, namun keuntungan dari berdagang dengan tanaman hias sangat tinggi. Namun, pemangku kepentingan usaha harus terlebih dahulu menentukan kebutuhan pabrik, termasuk jenis pabrik yang paling diminati, perawatan, dll.

6. Usaha Pabrik Toga

Tanaman toga berpotensi menciptakan peluang usaha baru bagi para petani dan penghobi tanaman di lahan pertanian. Saat ini banyak masyarakat yang membutuhkan obat-obatan herbal yang diolah dari tanaman Toga.

Tanaman toga merupakan salah satu jenis tanaman yang dapat diaplikasikan sebagai obat herbal yang bermanfaat. Tanaman toga juga dapat digunakan di rumah sakit herbal, salon kecantikan, bahan kosmetik, produk spa dan lainnya.

Melihat peluang usaha yang sangat besar, usaha tanaman toga ini bisa menjadi pilihan usaha yang tepat.

Memulai usaha tanaman toga sangat mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja karena tidak perlu selalu menggunakan lahan yang luas. Menanam tanaman toga dapat dilakukan di depan rumah Anda, di kebun Anda, di halaman rumah Anda atau di ladang.

Untuk memastikan bahwa modal ditempatkan selaras dengan anggaran. Usaha ini dapat mencapai hasil yang maksimal dengan modal yang minimal.

7. Kios Pupuk Tanaman

Merupakan daerah pertanian yang sebagian besar penduduknya adalah petani, dan kebutuhan akan pupuk dan tanaman obat sangat tinggi. Pupuk selalu menjadi barang kebutuhan bagi para pengusaha di sektor pertanian.

Inilah yang membuat peluang usaha ini sangat menggiurkan baik kota maupun kota. Selain mudah didapat, pangsa pasarnya juga jelas. Kios pupuk biasanya menjual pupuk kandang, kompos organik, pupuk cair, dll.

Contoh Hasil Usaha Pertanian

Padahal, inti dari kegiatan pertanian adalah bertani. Selain keempat jenis usaha pertanian di atas, berikut beberapa contoh hasil usaha pertanian yang harus Anda ketahui.

Berikut adalah beberapa contoh hasil usaha pertanian yang harus Anda ketahui.

1. Sayuran Organik

Contoh pertama adalah tanaman organik. Baru-baru ini, sayuran organik mulai populer di kalangan masyarakat. Bagi banyak dari mereka, peluang usaha menanam sayuran organik dengan mengubah gaya hidup sehat bisa menjadi pilihan.

2. Tanaman Hias

Contoh kinerja usaha pertanian selanjutnya adalah tanaman hias. Selain mempercantik halaman rumah Anda, tanaman hias juga dapat mempercantik lingkungan Anda. Banyak orang memanfaatkan kesempatan ini.

3. Bibit Tanaman

Menjual bibit tanaman memudahkan Anda untuk memulai usaha pertanian di rumah. Anda bisa menjual berbagai jenis bibit tanaman. Mulai dari sayur, bunga, buah, dll.

4. Rempah-rempah

Seperti yang Anda ketahui, Indonesia merupakan penghasil rempah-rempah berkualitas tinggi. Bahkan permintaan rempah-rempah sudah sampai ke mancanegara. Tidak ada salahnya mengambil peluang usaha pertanian ini.

5. Peralatan Pertanian atau Alat Pertanian

Contoh lain kinerja usaha pertanian adalah penjualan alat-alat pertanian atau alat-alat pertanian. Mulailah dengan traktor, sekop, cangkul, pot, pupuk, dan banyak lagi. Jika dimanfaatkan, peluang usaha ini bisa memberikan keuntungan yang menjanjikan.

Modal Usaha Pertanian

Tentu saya penasaran berapa modal usaha pertanian yang harus dikeluarkan. Pada dasarnya setiap jenis usaha yang Anda pilih memiliki rincian modal yang berbeda-beda.

Karena menanam dan membudidayakan itu berbeda. Itu juga tergantung pada peluang usaha yang Anda ambil. Namun secara umum modal usaha pertanian yang dikeluarkan adalah sebesar Rp. Dari 5 juta hingga puluhan juta.

Oleh karena itu, ada baiknya untuk meneliti terlebih dahulu peluang usaha pertanian yang ingin Anda kembangkan. Dari modal, komoditas, untung rugi dan target pelanggan hingga prospek masa depan.

Bagaimana Cara Memulai Usaha Pertanian

Setelah meneliti peluang usaha pertanian yang ingin Anda geluti, kini saatnya membahas cara memulainya. Seperti halnya jenis usaha lainnya, merawat pertanian membutuhkan keseriusan, ketekunan dan ketekunan untuk mencapai hasil yang maksimal.

Bagi Anda yang masih bingung, berikut cara memulai usaha pertanian.

1. Memahami Pertanian

Cara pertama untuk memulai adalah memahami sektor pertanian. Ini adalah dasar-dasar yang perlu Anda kuasai. Tidak harus semua jenis pertanian. Cukup dengan mempelajari apa saja peluang usaha Anda.

2. Membuat Rencana Usaha

Setelah Anda memiliki pengetahuan dasar, langkah selanjutnya adalah membuat rencana usaha. Apa jenis usaha pertanian yang akan Anda lakukan? Siapa target audiens Anda? Berapa modal yang dikeluarkan? Bagaimana pandangan Anda untuk lima tahun ke depan? Dan masih banyak lagi.

3. Persiapan Modal

Usaha pertanian tidak akan berjalan mulus tanpa modal yang cukup. Dalam hal ini, Anda harus meneliti terlebih dahulu modal yang dibutuhkan. Mulai dari bahan baku, tanah, tenaga kerja, dll.

Namun, setiap peluang memiliki modal yang berbeda. Oleh karena itu, operasi dianjurkan terlebih dahulu.

4. Mulai Menjalankan usaha

Cara lain untuk memulai usaha pertanian adalah dengan menjalankan usaha. Setelah membuat rencana usaha dan melakukan riset, Anda dapat segera memulai bisnis pilihan Anda. semoga beruntung!

Nah, Itulah yang bisa kami bahas jenis-jenis usaha pertanian yang bisa Anda lakukan, contoh hasil usaha, detail modal Anda, dan cara memulainya.