Strategi In House Training

Strategi In House Training untuk Meningkatkan Kualitas SDM

Tahukah Anda bahwa in house training berperan penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia didalam perusahaan?

Tidak hanya memberikan pelatihan, tetapi juga meningkatkan produktivitas karyawan. Bahkan, in house training setara dengan memberikan pelatihan teknis kepada karyawan perusahaan.

Simak pembahasan KitaLulus di bawah ini untuk mengetahui lebih jauh implikasi, manfaat, dan manfaat in house training bagi perusahaan Anda.

Apa Itu In House Training?

in House Training

Inhouse training dapat diartikan sebagai bentuk pelatihan yang diberikan perusahaan kepada karyawannya. Namun, pelatihan ini akan disesuaikan dengan permintaan perusahaan. lokasi, waktu, dan materi yang disampaikan.

Pengertian in house training juga dapat diartikan sebagai kegiatan pelatihan yang dilakukan bagi karyawan di dalam perusahaan. Mulai dari pembekalan keterampilan, perilaku, konsep pembelajaran, soft skill dan hard skill di bidang tertentu, hingga pengetahuan di bidang teknis dan non teknis.

Tujuan utama dari in house training adalah untuk memungkinkan karyawan menyelesaikan pekerjaan mereka secara efektif dan efisien dan meningkatkan produktivitas kerja mereka.

Sumber daya manusia yang berkualitas dan potensial tentunya memberikan manfaat dan dampak positif bagi perusahaan. Ini akan membuat semua kegiatan operasional lancar dan mencapai tujuannya.

Manfaat In House Training

Manfaat In House Training

Padahal, seluruh peserta in house training ini adalah karyawan dari satu perusahaan. Artinya, mereka berasal dari perusahaan yang sama. Sebab, biasanya pelatihan tenaga kerja bisa diikuti oleh peserta dari beberapa perusahaan.

Ada beberapa manfaat in house training yang bisa Anda rasakan, antara lain:

1. Target Perusahaan Jadi Cepat Dicapai

Manfaat pertama dari in house training adalah Anda dapat mencapai tujuan perusahaan Anda lebih cepat. Hal ini karena kualitas, pengetahuan dan keterampilan karyawan kami telah meningkat. Sehingga Anda dapat meningkatkan produktivitas kerja Anda.

2. Meningkatkan Standar Kerja

Pelatihan in house ini juga meningkatkan standar pekerjaan Anda. Karena ketika semua karyawan dari departemen yang berbeda berkumpul, ide dan informasi dapat dipertukarkan. Jadi tingkat pekerjaannya juga lebih tinggi.

3. Solidaritas karyawan dan rasa kekeluargaan

Manfaat in house training selanjutnya adalah dapat mempererat ikatan dan ikatan antar karyawan. Ini juga terkait dengan manfaat sebelumnya. Semua karyawan dapat bertukar ide, informasi, pengetahuan, dan lainnya.

4. Meningkatkan Motivasi dan Kemauan Karyawan untuk Belajar

Manfaat lain dari in house training adalah dapat meningkatkan motivasi karyawan. Melalui pelatihan ini, karyawan diharapkan mampu memecahkan masalah yang dihadapinya dengan cepat, efisien dan efisien. Sehingga mereka akan terus belajar dari masalah yang dilalui.

Kelebihan dan Kekurangan In House Training

Kelebihan dan Kekurangan In House Training

Selain manfaat, in house training memiliki kelebihan dan kekurangan sebagai berikut:

Kelebihan dari In House Training

Keuntungan dari in house training meliputi:

1. Kenyamanan

Keuntungan pertama adalah kenyamanan. Hal ini karena tempat in house training biasanya adalah kantor. Jadi Anda tidak perlu membayar lebih untuk sewa atau pengeluaran lainnya.

2. Dapat disesuaikan dengan Kebutuhan

Pelatihan in house dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan perusahaan Anda. Anda juga dapat memilih materi yang akan diberikan dan jam pelatihan. Sehingga tidak mengganggu pekerjaan lainnya.

3.Efektivitas Biaya

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, dengan in house training, Anda tidak perlu lagi membayar sewa atau biaya lainnya. Setidaknya Anda hanya membayar untuk kopi dan waktu makan.

4. Kerjasama Tim

Keunggulan lainnya adalah kerjasama tim. Ini karena semua karyawan dari departemen yang berbeda telah berkumpul di satu tempat. Ini memberi mereka lebih banyak kebebasan untuk mengeksplorasi dan mengembangkan hubungan dengan karyawan lain.

Kekurangan In House Training

Di balik kelebihan yang berdampak positif di atas, ada beberapa kelemahan in house training yang patut mendapat perhatian.

1. Peningkatan Beban Kerja Administrasi

Pelatihan in house ini juga menambah beban kerja bagian administrasi. Itu karena Anda mengerjakan materi, rencana pelatihan, penjadwalan, dan banyak lagi. Sehingga membutuhkan lebih banyak waktu, tenaga, dan tentunya pikiran.

2. Ada Karyawan yang Tidak Ikut

Faktanya, tidak semua karyawan bersemangat atau termotivasi dengan pelatihan in house ini. Hal ini karena biasanya mengutamakan tugas-tugas yang diselesaikan. Oleh karena itu, ada beberapa Karyawan yang tidak dilibatkan dan hasil dari pelatihan ini tidak maksimal.

3. Kurangnya Networking

Kelemahan lain dari in house training adalah kurangnya jaringan. Karena semua peserta berasal dari perusahaan yang sama. Hal ini mengurangi kesempatan untuk Networking dengan karyawan perusahaan lain.

Nah, itulah uraian dan penjelasan yang harus Anda ketahui dan pertimbangkan tentang in house training, manfaat, kelebihan dan kekurangannya.

Pelatihan in house semacam itu dapat membantu meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang dibutuhkan perusahaan. Namun, tim SDM juga harus memiliki metrik keberhasilan untuk mengevaluasi apakah program tersebut memberikan hasil positif bagi perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *