7 Tugas General Affair, Karir, Skill, Jenjang dan Gajinya

7 Tugas General Affair, Karir, Skill, Jenjang dan Gajinya

RekrutKerja.com – Tugas General Affair, Karir, Skill, Jenjang dan Gajinya– Pada perusahaan dengan struktur organisasi yang lengkap, posisi sekretaris berada di bawah kepala bagian General Affair. Namun, untuk perusahaan dengan staf terbatas, mereka biasanya menjalankan fungsi sekretaris di bagian HRD atau Purchasing.

Sekarang, mari kita pelajari pekerjaan sekretaris jenderal lebih dalam. Apalagi bagi mereka yang telah lulus dari Jurusan Administrasi Bisnis atau Business Administration, posisi ini tentunya akan menjadi pekerjaan yang bisa mereka coba di dunia kerja.

Apa itu General Affair?

Apa itu General Affair

Apa itu Urusan Umum? Menurut definisi, sekretaris adalah jabatan yang bertanggung jawab untuk mendukung kegiatan operasional perusahaan. Kegiatan yang dilakukan dalam rangka pengadaan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masing-masing departemen.

Nyatanya, tidak semua perusahaan berada di posisi ini. Hal ini dikarenakan pengadaan barang dan pengelolaan persediaan umumnya dilakukan secara bersamaan dalam satu departemen untuk menekan biaya.

Jadi, biasanya perusahaan pada posisi ini adalah perusahaan besar dengan struktur organisasi yang lengkap.

Tugas dan Tanggung Jawab Sekretaris

Deskripsi pekerjaan Apa itu General Affair? Apakah tugas umum hanya untuk pengadaan barang? Tentu saja tidak. Simak tugas dan tanggung jawab para sekretaris berikut ini agar kamu lebih memahami peran mereka.

1. Pengadaan Barang

Tentunya setiap perusahaan membutuhkan produk yang mendukung kinerja setiap karyawan. Departemen yang berbeda memiliki kebutuhan yang berbeda. Di sini, General Affair membuat daftar barang yang dibutuhkan setiap karyawan, biasanya dipecah menjadi beberapa departemen untuk kemudahan.

Nanti sekretaris akan mengecek apakah kamu benar-benar membutuhkannya atau tidak, daripada langsung membelinya. Kalau harus beli jangan asal beli, karena benang biasa juga perlu dicek harga dan kualitasnya. Dengan begitu, sekretaris adalah orang yang teliti dan detail.

2. Manajemen Pembayaran dan Pembelian Berdasarkan Departemen

Umumnya, tugas sekretaris adalah mengatur semua pembayaran dan pembelian yang dibutuhkan oleh perusahaan. Karena tagihan perusahaan tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang.

Semua hal yang harus dibayar setiap bulan, seperti biaya internet dan tagihan listrik untuk jaringan telepon, harus ditetapkan dengan baik oleh departemen General Affair. Kemudian dia menagih departemen keuangan dan deposito untuk semua kebutuhan.

3. Jaminan Pembayaran untuk Tenaga Kerja Harian yang disewa

Selain kebutuhan akan karyawan tetap, setiap perusahaan pasti memiliki tenaga outsourcing yang harus dibayar dalam hitungan hari atau minggu. Di sini, sekretaris memastikan pembayaran ke personel dilakukan secara teratur dan tanpa penundaan.

4. Pemeliharaan Aset/Inventaris

Merupakan tanggung jawab pekerjaan umum untuk memelihara inventaris atau aset perusahaan, serta membeli barang dagangan yang diperlukan. Namun sekretaris tidak secara langsung memeliharanya, melainkan memantau status karyawan atau departemen yang menggunakannya.

5. Melakukan Manajemen Renovasi Perusahaan

Sekretaris bertanggung jawab untuk memantau dan melakukan pemeliharaan jika perusahaan perlu melakukan renovasi. Tentunya hal ini dilakukan karena sekretarislah yang mengontrol pengeluaran dan membeli semua barang untuk perusahaan.

6. Pengelolaan Pembukaan Cabang Kantor

Tugas dan tanggung jawab Sekretaris selanjutnya adalah mengelola pembukaan cabang. Bagian ini mirip dengan mengelola renovasi perusahaan, tetapi lebih kompleks karena dapat disimpulkan bahwa membuka cabang seperti membangun perusahaan baru, tetapi dalam skala yang lebih kecil.

Sekretaris bersama departemen lain harus mengetahui semua yang diperlukan untuk mendukung keberhasilan pembukaan cabang ini.

7. Menyiapkan Persyaratan Administrasi dan Perijinan

Ketika sebuah perusahaan ingin melaksanakan suatu proyek, tugas sekretaris jenderal adalah menyiapkan semua berkas administrasi yang diperlukan dan memproses izin dan izin.

Oleh karena itu, idealnya sekretaris adalah seorang komunikator yang baik sehingga dapat terjalin hubungan yang erat dengan berbagai pihak sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Skill yang Harus Dikuasai General Affair

Sebagai pekerjaan biasa, untuk dapat bekerja sesuai dengan daftar tanggung jawab di atas, tentunya harus memenuhi persyaratan yang diinginkan perusahaan kamu. Kemampuan tersebut memudahkan karyawan untuk menyelesaikan tugas-tugas tersebut nantinya.

Untuk menjadi seorang sekretaris, kamu setidaknya harus memiliki keterampilan sebagai berikut:

  • Administrasi bisnis
  • Manajemen Bisnis
  • Memahami komputer dan elektronik
  • Pelayanan yang baik
  • Komunikasi organisasi
  • Penguasaan bahasa asing
  • Pengarsipan
  • Teliti dan detail
  • Tegas

Jenjang Karir dan Gaji General Affair

Jenjang Karir dan Gaji General Affair

Berapa gaji umumnya? Rata-rata, biaya pekerjaan tetap sekitar Rp. Dari 3.500.000 menjadi Rp. Kamu  akan mendapatkan 5.000.000. Jumlah gaji tentu saja tergantung pada kondisi dan pengalaman perusahaan.

Jenjang karir yang dapat dicapai pada umumnya pekerjaan dimulai dari karyawan. Levelnya adalah:

  • Staff General Affair
  • Supervisor
  • Manager
  • Head of General Affair

bagaimana? Apakah tertarik dengan posisi sekretaris jenderal karena merasa itu sesuai dengan bakat kamu?

Rekrutmen juga memiliki lebih dari 50.000 pekerjaan yang tersedia untuk dilamar. Kamu dapat mencari dengan memasukkan nama posisi yang diinginkan, nama perusahaan, dan kota tujuan.

Ada fitur lain yang mengembangkan pengetahuan dan jaringan karir kamu, seperti fitur pembelajaran dengan pertanyaan tes mental yang berbeda dan fitur komunitas dengan area diskusi yang berbeda.