Bisnis  

14 Cara Membuat Artikel Blog Agar Banyak Disukai Pembaca

7 Cara Membuat Artikel Blog yang Disukai Pembaca

Cara Membuat Artikel Blog – Salah satu cara untuk memasarkan produk Anda adalah dengan membuat artikel. Artikel dapat menggambarkan produk dan/atau layanan yang ingin Anda pasarkan. Tapi apakah Anda sudah tahu cara membuat artikel?

Sekilas mungkin terlihat mudah, namun dalam praktiknya, cara membuat artikel tidak boleh sembarangan. Ada banyak hal yang perlu diperhatikan dalam menulis artikel. Mulai dari isi, bahasa yang digunakan, struktur kalimat, dll.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang cara membuat artikel blog dan apa yang penting untuk dimasukkan ke dalam artikel Anda, lihat pembahasan berikut di Rekrut kerja.

Sekilas Mengenai Artikel

Sebelum kita membahas cara membuat artikel blog, apakah kalian sudah paham apa itu artikel? Kebanyakan menafsirkan artikel sebagai karya, sumber informasi, dll.

Tapi bagaimana dengan artikelnya? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, artikel adalah karya lengkap yang ditulis dalam bentuk laporan berita atau karangan dalam majalah, surat kabar, dll.

Di sisi lain, ada ahli yang mengatakan bahwa artikel adalah karya tulis yang berisi pendapat penulis tentang suatu masalah atau objek, yang tujuannya untuk menginformasikan, menghibur, mempengaruhi, atau membujuk pembaca.

Secara sederhana, artikel adalah sebuah karya yang panjangnya tidak ditentukan dengan tujuan menyampaikan pendapat atau fakta untuk menghibur, mendidik, atau membujuk pembaca.

Jadi, jangan heran jika kebanyakan artikel berisi informasi tentang apa yang akan dibahas. Faktanya, banyak orang yang terdidik dan dipengaruhi oleh satu artikel.

Ciri-ciri Artikel

Tahukah Anda bahwa tidak semua artikel panjang adalah artikel? Karena ada beberapa jenis tulisan yang memiliki tujuan yang sama tetapi bukan format artikel.

Untuk menghindari kebingungan, berikut beberapa ciri artikel yang membedakannya dengan karya lain:

1. Isi Konten Artikel

Ciri-ciri artikel pertama terlihat dari isinya. Biasanya, artikel ditulis berdasarkan kejadian nyata. Dengan kata lain, isi artikel bukanlah mitos, fiksi atau manipulasi oleh penulis.

️2. Berikan Fakta dan Informasi

Isi artikel harus faktual dan informatif. Dengan kata lain, harus jujur ​​dan menginformasikan pembaca berdasarkan penelitian yang dilakukan.

️3. Ada Opini Subjektif

Ciri-ciri artikel berikut adalah opini subjektif. Artinya, meskipun isi suatu artikel didasarkan pada pendapat atau pemikiran penulisnya, harus didasarkan pada penelitian yang dilakukan untuk memastikan fakta yang sebenarnya.

4. Singkat, padat dan jelas

Artikel harus singkat, padat, dan jelas. Jika memungkinkan, cobalah untuk tidak menulis artikel yang terlalu bertele-tele dan tidak komunikatif. Hal ini dapat membingungkan pembaca dan membuat Anda merasa malas untuk membaca.

️5. Penulisan yang Sistematis

Ciri lain dari artikel tersebut adalah penulisannya yang sistematis. Cara penulisan ini dapat membantu pembaca memahami isi artikel dengan mudah.

Cara Membuat Artikel Blog yang Disukai Pembaca

Setelah Anda mengetahui apa itu artikel, kita bahas cara membuatnya. Satu hal yang perlu dipertimbangkan ketika menulis adalah mengetahui apa yang harus ditulis.

Pada dasarnya ada lima jenis artikel yang dapat Anda tulis:

  • Artikel Deskripsi: Isi artikel yang menggambarkan subjek secara rinci sehingga pembaca dapat memahami apa yang sedang dijelaskan.
  • Artikel Narasi: Isi artikel biasanya berupa cerita fiksi yang menghubungkan sebab dan akibat.
  • Artikel Persuasif: Isi artikel menggambarkan topik tertentu yang ditulis untuk memungkinkan pembaca setuju dengan apa yang telah ditulis penulis.
  • Artikel Eksposisi: Isi artikel dimaksudkan untuk menjawab pertanyaan dalam rangka mendidik, menginformasikan, menjelaskan topik, serta menambah dan memperluas wawasan pembaca.
  • Artikel Prosedural: Isi artikel berupa urutan penggunaan produk.

Sekarang setelah Anda mengetahui jenis artikel apa yang perlu Anda tulis, mari kita lihat bagaimana cara menulisnya agar banyak pembaca yang menyukainya.

1. Tentukan ide Penulisan

Cara pertama untuk membuat artikel adalah menentukan ide untuk artikel tersebut. Masalah utama yang biasanya dihadapi penulis adalah mereka tidak memiliki bahan atau ide untuk menulis. Oleh karena itu, metode ini merupakan langkah awal yang sangat penting.

Anda dapat menemukan ide menulis dengan mengamati apa yang terjadi di sekitar Anda atau apa yang terjadi saat ini. Sebaliknya, carilah ide-ide sederhana. Jangan lupa untuk menuliskan ide-ide kecil yang muncul di benak Anda.

2. Buat Kerangka Artikel

Membuat garis besar untuk sebuah artikel akan memberi Anda garis besar atau topik utama untuk dibahas. Juga, cara membuat artikel blog tentang ini akan membantu Anda agar tidak tersesat saat menulis.

3. Temukan Pemberi Rekomendasi yang Dapat Anda Percayai

Anda perlu menemukan sumber data yang dapat diandalkan yang dapat Anda rujuk saat menulis artikel. Tujuannya agar isi artikel yang Anda tulis dapat dipercaya karena berdasarkan fakta. Anda dapat mencari referensi dari buku, studi sebelumnya, atau sumber terpercaya.

4. Perhatikan isi artikel

Satu hal yang perlu diperhatikan saat menulis artikel adalah konten. Artikel Anda harus singkat, jelas, dan ringkas. Untuk memudahkan pembaca memahami tulisan Anda.

5. Tambahkan data pendukung

Cara lain untuk membuat artikel adalah dengan menambahkan data pendukung. Bisa berupa gambar, ilustrasi, grafik, tabel, dll yang dapat membantu menjelaskan isi artikel yang Anda tulis.

6. Buat judul yang menarik

Judul yang menarik adalah salah satu cara untuk membuat artikel Anda dapat diakses oleh banyak orang. Judul tidak hanya harus menarik, tetapi juga menggunakan kalimat dan bahasa yang jelas. Judulnya jangan terlalu panjang.

7. Menentukan Target Pembaca

Cara lain untuk membuat artikel yang perlu Anda ketahui adalah dengan menentukan target pembaca Anda. Cara ini sangat penting karena dapat mempengaruhi gaya dan pilihan bahasa yang Anda gunakan.

Untuk pembaca profesional, misalnya, Anda bisa menggunakan gaya bahasa formal. Sementara itu, untuk target audiens yang lebih muda, bahasa yang informal namun tetap sopan dapat digunakan.

8. Maksimalkan Kata Kunci di Setiap Paragraf

Yang kedua adalah memanfaatkan penempatan kata kunci dalam artikel.

Tidak banyak orang yang tahu bagaimana cara menyebarkan kata kunci atau keyword dalam sebuah artikel. Padahal ini berdampak besar pada seo artikel yang kita terbitkan.

Menurut pengalaman manajer. Penempatan kata kunci yang baik ada di tiga tempat.

  • Pertama: pada paragraf 1 dan 2 (menggunakan kata kunci turunan/kata kunci sinonim)
  • Kedua: di tengah paragraf (maksimalkan kata kunci ekor panjang di tengah artikel, tetapi jangan berlebihan dan batasi diri Anda hanya satu jika Anda bisa. Anda dapat menggunakan sinonim untuk sisanya)
  • Ketiga, di paragraf terakhir (menggunakan kata kunci di paragraf penutup atau penutup dapat memaksimalkan)

9. Memanfaatkan konten pendukung (gambar, video, statistik, diagram)

Jika ini sama dengan item 9 artikel, ini adalah favorit pembaca. Robot mesin pencari juga selalu memprioritaskan blog atau artikel dengan hasil kaya, terutama yang memiliki gambar dan video.

Selain gambar dan video, jika artikel yang berkaitan dengan informasi statistik, Anda dapat memaksimalkan grafik atau statistik + tabel.

10. Memanfaatkan Format Subheding, Bullet Point, Baris Angka

Unsur kesukaan pembaca tidak jauh berbeda dengan inti artikel. Google selalu memperbarui algoritmenya dan memilih blog dengan artikel yang menerapkan garis berpoin atau bernomor.

Pernahkah Anda melihat artikel dengan peta situs di halaman pencarian Google? Oleh karena itu, memaksimalkan penggunaan bullets, number lines, dan subheadings sangatlah bermanfaat.

Ketika istilah Google mengacu pada hasil yang kaya. Artikel Anda kemudian akan muncul di mesin pencari.

11. Isi/Aktifkan Deskripsi Artikel

Mengetahui bahwa deskripsi dalam artikel ini benar-benar memengaruhi SEO Anda, tentu saja Anda akan menyesal tidak menggunakannya.

Mengaktifkan deskripsi artikel (meta tag) dalam istilah blogger.com dan kutipan dalam istilah WordPress memudahkan Google untuk menemukan apa konten Anda tanpa harus merayapi semua konten dalam artikel Anda.

Deskripsi artikel muncul di hasil pencarian Google tepat di bawah judul artikel.

12. Submit Index Artikel ke Google Search Console

Suka atau tidak, artikel Anda harus dikirimkan ke Google Search Engine (GSC).

Seperti kata pepatah, “Jika Anda tidak tahu, jangan cinta. Jika Anda tidak mencintai, jangan cinta.”

Sama seperti robot Google, Anda perlu memperkenalkan artikel Anda ke mesin pencari Google agar mudah dijelajahi. Ini dilakukan dengan mengirimkan artikel ke inspeksi elemen setiap kali Anda menerbitkan artikel baru.

13. Blogwalking (aktivitas komentar)

Poin ketujuh ini sudah diterapkan oleh para pakar blogger sejak zaman dahulu. Komunitas blogger hadir untuk pertama kalinya. Kegiatan blogging sangat dianjurkan.

Khusus untuk blogger baru, Anda harus saling mengunjungi blog dan menulis komentar yang relevan. Dengan cara ini, Google merayapi artikel karena mendeteksi aktivitas dalam artikel.

Tapi Anda perlu tahu. Tolong jangan spam URL blog Anda di komentar blogger lain. Ini akan membuat blog Anda muncul sebagai spam ke mesin pencari, terutama Google.

14. Bagikan Artikel di Media Sosial yang Relevan

Menurut saya, tips terakhir ini sangat direkomendasikan untuk tahun 2021. Dalam pengalaman pribadi saya, setiap artikel baru sulit untuk diindeks oleh Google. Kemudian, setelah membagikan artikel melalui media sosial, artikel tersebut tidak akan lama di-crawl oleh mesin pencari.

Namun, harus digarisbawahi. Saya tidak serta merta membagikan artikel di media sosial. Tentu saja saya akan masuk ke forum dan grup yang berhubungan dengan artikel yang saya bahas. Jadi tidak akan terdeteksi sebagai spam.

Setelah menyelesaikan langkah-langkah untuk menulis artikel di atas dengan baik dan benar. Silahkan tunggu hasilnya. Kami berharap artikel Anda akan disukai oleh pembaca atau Google.

Ini adalah deskripsi tentang apa itu artikel, karakteristiknya, jenis artikelnya, dan cara membuat artikel blog. Selalu ingat untuk membaca kembali seluruh artikel sebelum dipublikasikan.