Biaya Peluang

Biaya Peluang, Pengertian, Manfaat, Cara Hitung, dan Contoh

Ada banyak kemungkinan dan peluang dalam menjalankan bisnis. Tapi mana yang akan dipilih? Biaya Peluang merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam menangkap peluang.

Manfaat biaya peluang adalah dapat membantu menentukan strategi terbaik untuk pengambilan keputusan Anda. dan juga harus bisa berpikir rasional untuk membuat pilihan yang paling efektif dan efisien.

Baca penjelasan di bawah ini untuk lebih memahami apa yang dimaksud dengan biaya peluang, karakteristiknya, manfaat, cara penghitungannya, dan contoh biaya peluang dalam bisnis.

Apa itu Biaya Peluang?

Pada dasarnya, manusia selalu dihadapkan pada berbagai pilihan. Namun di antara banyak pilihan, Anda harus memilih yang terbaik. Ini disebut peluang. Jadi apa yang dimaksud dengan biaya peluang?

Pengertian biaya peluang adalah biaya yang timbul akibat tidak terpenuhinya kebutuhan atau peluang lain. Artinya berkorban untuk mendapatkan apa yang diinginkan.

Misalnya, berada dalam bisnis makanan. Anda kemudian akan dihadapkan pada pilihan menawarkan promo beli 1 gratis 1 atau promo makan gratis pada hari-hari tertentu dalam seminggu. Jika berpikir secara logis, lebih menguntungkan untuk memberikan promosi 1+1 daripada memberikan makanan gratis pada hari tertentu.

Ini adalah dasar dari perspektif biaya peluang. Di mana nilai yang hilang mungkin merupakan taruhan terbaik untuk merebut peluang lain. Dengan kata lain, Anda harus mampu menangkap peluang tanpa melewatkan satu peluang pun.

Secara umum, biaya peluang muncul dari memilih biaya implisit versus biaya eksplisit ketika dihadapkan dengan banyak pilihan. Biaya eksplisit sepadan dengan apa yang bayar untuk satu peluang. Biaya implisit datang dalam bentuk, bukan uang. sumber daya, waktu, keuntungan, dll.

Karakteristik biaya peluang

Untuk menghindari kesalahpahaman biaya peluang, berikut adalah beberapa karakteristik umum biaya peluang:

  • Biaya peluang tidak selalu terkait dengan uang. Tapi itu bisa berupa waktu, kebahagiaan, sumber daya, keuntungan masa depan, dll.
  • Ada banyak peluang untuk setiap pilihan sehubungan dengan fungsi dan kegunaannya masing-masing.
  • Penetapan biaya peluang dapat disesuaikan dengan tujuan dan keadaan masing-masing perusahaan.
  • Pada umumnya pilihan biaya peluang adalah untuk kebutuhan sekunder dan tersier.

Manfaat Biaya Peluang

Faktanya, menghitung biaya peluang adalah cara yang bagus untuk menentukan opsi mana yang terbaik untuk bisnis Anda. Bahkan, dapat mengalami sejumlah manfaat biaya peluang, termasuk:

  • Ini menawarkan kesempatan untuk menjalankan bisnis dengan risiko minimal dan prospek jangka panjang yang menjanjikan.
  • Dapat dengan mudah menghitung perkiraan modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis.
  • Ini membantu untuk memprioritaskan dengan membandingkan kemungkinan manfaat di masa depan.
  • Dengan memilih prioritas yang diinginkan, kami membantu mengurangi biaya yang tidak perlu dengan mengurangi biaya yang tidak perlu.
  • Anda dapat dengan mudah membuat keputusan terbaik untuk kelangsungan hidup perusahaan Anda.

Namun, manfaat biaya peluang di atas ditentukan oleh beberapa faktor:

  • Modal usaha.
  • Sumber daya usaha.
  • Laba yang diharapkan.
  • Nilai jual produk terbaru.
  • Kelebihan dan kekurangan pada setiap peluang yang ada.

Jika perhitungan menunjukkan bahwa biaya untuk berkorban lebih besar daripada peluang, berarti bisnis lebih bijaksana untuk menahan biaya dan mengorbankan peluang.

Cara Menghitung Biaya Peluang dan Contohnya

Sebelum kita menyelami cara menghitung biaya peluang, ada dua hal yang perlu dipertimbangkan.

  • Ketika dihadapkan pada dua pilihan, yang dianggap sebagai biaya peluang adalah nilai yang dikorbankan atau tidak dipilih.
    Jika Anda dihadapkan pada lebih dari satu pilihan, yang dianggap sebagai biaya peluang adalah nilai terbaik yang dikorbankan.
  • Hal ini karena pada dasarnya untuk menghitung biaya peluang, Anda harus selalu memilih sesuatu yang dapat memberikan keuntungan. Dilihat dari segi biaya, sudah pasti yang dipilih adalah biaya yang paling rendah.

Namun, dilihat dari volume produksi, Anda bisa mendapatkan keuntungan besar dengan memilih produk yang bisa menghasilkan banyak produk. Inilah yang disebut nilai pengorbanan.

Untuk menghitung biaya peluang, dapat menggunakan rumus berikut:

Opportunity Cost = Forsaken Opportunity (FO) – Chosen Opportunity (CO)

di mana FO adalah nilai peluang yang tidak dipilih dan CO adalah nilai peluang yang dipilih.

Mari kita ambil biaya peluang berikut sebagai contoh:

Ketika Anda memiliki banyak uang, Anda dihadapkan pada dua pilihan. Itu berarti berinvestasi atau memulai bisnis. Jika Anda memilih untuk berinvestasi, return on profit bisa mencapai 20% per tahun.

Di sisi lain, jika Anda memilih untuk memulai bisnis, Anda bisa mendapatkan keuntungan 15% per tahun. Namun, mereka memilih untuk memulai bisnis karena belum terbiasa dengan dunia investasi dan masih ragu dengan risikonya.

Kemudian, pada contoh di atas, cara menghitung biaya peluang adalah sebagai berikut:

FO – CO = 20% – 15% = 5%

Anda dapat menyimpulkan bahwa kehilangan keuntungan 5% karena Anda memutuskan untuk tidak memilih investasi. Angka 5% di sini adalah nilai pengorbanan dari keputusan yang Anda buat.

Itulah penjelasan lengkap tentang biaya peluang, karakteristik, manfaat, pertimbangan, dan cara perhitungan. Dengan menghitung biaya peluang, Anda dapat membandingkan harga dan manfaat yang ditawarkan untuk setiap opsi yang tersedia. Sehingga bisa lebih bijak dalam memilih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *