Pengertian Apa Itu Call to Action

Pengertian Apa Itu Call to Action dan 8 Jenisnya

Pengertian Apa Itu Call to Action dan 8 Jenisnya – Call to Action adalah salah satu cara untuk meningkatkan tingkat konversi di situs web bisnis Anda. Namun, dalam praktiknya, penggunaan CTA sangat luas.

Dalam dunia pemasaran digital, peran Call to Action adalah mendorong pengunjung untuk mengambil tindakan yang diinginkan. Mulai pembelian, unduhan, pendaftaran, dan lainnya.

Pelajari lebih lanjut tentang apa itu Call to Action, beserta jenis dan contohnya, dalam uraian di bawah ini.

Pengertian Call to Action

Panggilan untuk bertindak memainkan peran penting di dunia. Anda tidak hanya dapat meningkatkan tingkat konversi Anda, tetapi Anda juga dapat menarik pengunjung Anda untuk mengambil tindakan yang diinginkan.

Tapi apakah Anda mengerti apa itu panggilan untuk bertindak? Call to Action adalah strategi pemasaran dalam bentuk gambar, garis, teks, dan tombol yang dapat menarik pengunjung untuk melakukan tindakan tertentu.

Seperti dilansir laman Investopedia, Call to Action adalah istilah pemasaran yang menggambarkan suatu tindakan yang dilakukan pengunjung berdasarkan apa yang mereka inginkan.

CTA mungkin berisi tautan langsung yang dapat menarik pengunjung untuk melakukan pembelian. Namun, pada kenyataannya, tujuan dari operasi ini berbeda.

Beberapa ingin mendaftar untuk buletin kami, yang lain ingin membuat akun, melihat iklan, dan banyak lagi. Nah, untuk bekerja secara efektif, seorang CTA harus memiliki pesan yang jelas dan selaras dengan tujuan pemasarannya.

Dengan kata lain, ketika pengunjung ingin melakukan pembelian, kata dalam Call to Action adalah “beli sekarang”. Pada dasarnya, CTA sesederhana dan semudah itu.

️8 Jenis Call to Action

Seperti disebutkan sebelumnya, tujuan Call to Action berbeda untuk setiap aktivitas pemasaran. Pelaporan di halaman Hubspot memiliki 8 jenis CTA yang dapat Anda gunakan untuk upaya pemasaran Anda. Deskripsi jenis dan contoh Call to Action dapat Anda lihat di bawah.

1. Leads Generation

Jenis pertama CTA adalah generasi memimpin. Dalam hal ini, Anda dapat menempatkan tautan CTA Anda di tempat atau halaman yang cenderung memiliki persentase pengunjung baru yang tinggi.

Biasanya, jenis CTA ini ditempatkan di akhir dan di samping artikel di blog Anda. Visual CTA ini harus mampu menarik perhatian pengunjung dan mengkomunikasikan nilai atau tujuan yang diinginkan.

2. Product or Service Discovery

Salah satu jenis Call to Action adalah pencarian produk atau layanan yang membantu pengunjung menemukan apa yang mereka cari dan butuhkan.

Contoh tipe ini hampir identik dengan Read More CTA. Biasanya ditempatkan di akhir atau bawah paragraf deskriptif. Jenis CTA ini akan sangat membantu pengunjung yang ingin dengan cepat dan mudah menemukan apa yang mereka cari di website mereka.

3. Social Sharing

Social sharing juga merupakan jenis CTA yang sering digunakan di halaman situs web mana pun. Tujuan dari call to action ini adalah untuk mendorong pengunjung membagikan apa yang mereka temukan di media sosial atau aplikasi terintegrasi lainnya.

Contohnya seperti spanduk yang menampilkan beberapa ikon media sosial di samping atau di bawah artikel. Keuntungan dari jenis Call to Action ini adalah Anda dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda.

4. Lead Nurturing

Biasanya, jenis Lead Nurturing ini digunakan untuk mendorong pengunjung menggunakan produk dan/atau layanan yang Anda tawarkan terlebih dahulu. Sederhananya, tawarkan masa percobaan sebelum Anda membeli secara penuh.

Contoh Call to Action ini berupa tautan yang mengarahkan pengunjung melalui masa percobaan suatu produk dan/atau layanan. Biasanya, tipe ini digunakan untuk mempengaruhi keputusan pembelian pelanggan.

5. Closing the Sale

Anda dapat menggunakan penjualan terakhir atau Closing the Sale untuk menarik pengunjung untuk membeli. Misalnya, jika Anda kehabisan produk, Anda dapat memasukkan “Segera hadir” atau “Hanya 3 produk yang tersisa”.

️6. Form Submission

Jenis kedua dari Call to Action adalah Form Submission. Jenis data pengunjung ini dapat diperoleh dengan meminta situs web untuk mengisi formulir.

️7. Read More

Salah satu jenis Call to Action yang populer adalah Read More atau baca lebih lanjut. Anda dapat menggunakan ini sebagai umpan di halaman web Anda. Cukup sediakan satu atau dua paragraf yang akan membuat pengunjung Anda penasaran, dan letakkan tombol Baca Selengkapnya di bagian bawah atau akhir paragraf.

Tujuan dari jenis ini adalah untuk memastikan bahwa artikel yang diunggah akan menarik pengunjung yang cukup dan mendapatkan statistik lalu lintas yang diinginkan.

8. Event Promotion

Jenis lain dari Call to Action adalah Event Promotion. Anda bisa menggunakan tipe ini ketika Anda sedang mengadakan acara dan ingin mendapatkan banyak pengunjung. Secara umum, tujuan dari CTA ini adalah untuk meningkatkan penjualan tiket.

Contoh Call to Action ini adalah munculan atau tautan di beranda Anda atau ditempatkan di bilah sisi situs web Anda. Jangan lupa untuk memberikan visual dan kata-kata yang menarik.

Jadi, berikut adalah deskripsi Call to Action, jenis, dan contoh yang dapat Anda gunakan di situs web Anda. Salah satu fungsi Call to Action adalah memaksimalkan sasaran kampanye bisnis Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *